Kamis, 14 Juli 2016

Yukata

 Dalam manga atau anime, seringkali kita melihat beberapa karakter mengenakan Yukata ketika pergi ke festival musim panas. Ya, Yukata (浴衣, baju sesudah mandi) adalah pakaian tradisonal Jepang yang casual yang digunakan oleh pria dan wanita Jepang saat musim panas serta terbuat dari katun. Orang-orang Jepang memakai Yukata untuk pergi ke semua festival musim panas serta festival kembang api.
   Istilah yukata berasal dari kata yukatabira (浴衣帷子). Mulanya katabira dipakai untuk menyebut sehelai kimono dari kain rami. Walaupun tidak lagi dibuat dari kain rami, pakaian seperti itu tetap disebut katabira.

   Yukata memiliki harga yang murah dan mudah untuk dipakai. Yukata di Jepang dibagi menjadi 3 jenis yaitu yukata untuk wanita, anak-anak dan laki-laki. Yukata dapat dipakai siapa saja tanpa mengenal status, sudah menikah atau belum menikah. Perempuan muda cenderung memakai yukata berwarna cerah dengan pola eye catching. Wanita yang lebih tua memakai warna gelap dan sederhana, pola elegan.

   Corak kain yang populer untuk yukata wanita, misalnya bunga sakuraserunipoppy, bunga-bunga musim panas. atau ikan mas koki. Karakter anime seperti HamtaroPokemon, dan Hello Kitty populer sebagai corak yukata untuk anak-anak.


  Musim panas berarti musim pesta kembang api dan matsuri di Jepang. Jika terlihat orang memakai yukata, berarti tidak jauh dari tempat itu ada matsuri atau pesta kembang api.
 Perempuan lebih banyak memakai yukata daripada laki-lakiBahkandi Jepang jarang sekali menemukan wanita yang tidak memakai yukata ke festival musim panas. Tapi hanya setengah dari pria Jepang memakaiyukata ke festival musim panas. Pria juga memakai pakaian tradisional lainnya seperti fundoshi di beberapa festival musim panas.

   Wanita mengenakan yukata yang pas dengan ukuran tubuh pemakai agar terlihat bagus sewaktu dipakai. Seperti halnya kimono, panjang yukata selalu melebihi tinggi badan pemakai. 
Perlengkapan memakai yukata wanita:
  • Rok panjang (susoyoke) sebagai pakaian dalam, berwarna putih polos.
  • Pakaian dalam (hadajuban)
  • Tali pinggang (koshihimo) untuk mengencangkan kain berlebih di bagian pinggang yang berasal dari kelebihan panjang kain pada bagian bawah
  • Kain sabuk pengikat (datejime) untuk mengencangkan kain yang longgar di bagian perut
  • Obi (sabuk dari kain) untuk mengencangkan yukata ke badan.

Obi
   Sebuah obi (sabuk tradisional) digunakan untuk mengamankan yukata agar tidak terlepas. Kalian dapat menaruh benda seperti kipas (uchiwa) di obi, dengan cara menyelipkan kipas tersebut di obi bagian belakang.

Uchiwa
   Sandal tradisional yang disebut geta biasanya dikenakan bersamaan dengan penggunaan yukata.

yukata6

  Jangan lupa untuk membawa tas kecil (kinchakuuntuk membawa barang-barang personal.



Bagaimana ya cara memakai yukata? Mari simak gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar).


Atau bisa juga dilihat di sumber-sumber berikut ini :

(Ditulis dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar